Minggu, 24 April 2016

Mata Kuliah Semester 1









Pada dasarnya yang namanya pembelajaran pasti ada yang namanya jadwal pelajaran. Tapi di dunia perkuliahan lebih dikenal dengan istilah matkul atau mata kuliah. Pada semester awal ane kuliah mata kuliah yang ane pelajarin ada 18 SKS(satuan kredit semester). Jadi dalam satu pelajaran atau mata kuliah itu bisa ada 3 atau 2 SKS. Untuk satu SKS itu dihitung 1 jam pelajaran dengan biaya 250.000.
Nah bicara soal matkul ane mau kasih tau matkul yang ane pelajarin selama semester kedepan. Pertama ada Matkul Mekanika Statika. Jadi mekanika statika ini mempelajari Ilmu Sipilmengenai dasar dari suatu struktur. Menurut ane pelajaran Mektek ini terbilang susah-susah gampang. Karena lu harus bisa nganalisa dengan baik suatu bentang struktur yang ada dan mecarai gaya-gaya yang bekerja pada suatu titik perletakan yang ada. Hayooo bingungkan ane juga masih bingung sebenernya.  Pelajaran ini juga yang membuat  ane tau sedikit demi sedikit tentang ilmu sipil. Tapi ane gagal dipelajaran ini karena ane dapet nilai C di matkul ini. Kesel sih ya.... tapi mau gimana lagi susah sih.  Yang kedua ada menggambar rekayasa, matkul ini mengajarkan tentang gambar-gambar simbol bangunan, menggambar pondasi, atap bangunan, denah rumah , dan masih banyak hal lainnya. Cuman aja dosennya itu jarang masuk dikarenakan waktu itu ia masih mengambil cuti melahirkan jadi ilmu yang didapet nggak begitu banyak padahal ini pelajaran kedua tentan g sipil selain mektek atau mekanika statiska

Selanjutnya ada yang namanya pengantar ilmu teknik sipil, nah sebenernya saya seneng sama pelajaran ini. Karena pelajaran ini membuat saya kenal lebih dalam dengan teknik sipil. Matkul ini membicarakan teknik sipil secara luas. Matkul ini mengacu pada pengenalan mahasiswa kepada ilmu teknik sipil. Tapi... sama seperti menggambar rekayasa di matkul ini juga dosenn ya jarang masuk dikarenakan dosennya itu tipikal dosen yang sibuk. Wajar sih orang dia ketua jurusan. Yang keempat ada ilmu sosial dasar.  Matkul ini hadir sebulan sekali, matkul ini menuntut agar mahasiswa bisa menulis. Ini matkul juga menuntut mahasiswa selain mempunyai kemampuan hard skill tapi juga harus memiliki kemampuan soft skill. Ya salah satunya diasah dengan cara menulis di blog membuat makalah. Menurut ane sih nih matkul rada gak guna sih tapi yaudahlah kita udah bayar kok untuk matkul ini.

Selain daripada kelima matkul diatas, ada yang namanya pengantar komputer praktikum A dan B, Matematika 1 , Fisika dan Kimia 1, dan Bahasa inggris 1. Matkul ini kebanyakan mengulang apa yang dipelajari di SMA . sebenernya agak menyebalkan apabila matkul yang sebenernya Cuma pelajaran ulangan waktu di sma tapi kita malah dapet nilai C gara-garanya. Makanya itu ane saranin ke kalian supaya tetep semangat belajar walaupun tuh pelajaran ngebosenin ataupun sulit. Yang jelas itu pelajaran akan berpengaruh pada nilai IPK lu nanti.

Oh iya disemester 1 ini ane agak sebel karena Dalam seminggu ane Cuma masuk 3 Hari aja, itu juga masih aja ada dosen yang suka gak masuk. Hal itu yang mebuat ane kangen balik ke SMA biar bisa masuk setiap hari. Tapi ini baru semester satu ane yakin semster dua kan lebih berat. Jadi tungguin aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar