Minggu, 03 Januari 2016

Review Film Have A Song On Your Lips



Mina.... tau film yang satu ini gak? itu loh film jepang tentang tim paduan suara gitu. Nih film tuh sederhana sih kisahnya cuman bener-bener nyentuh dan ada pesan moralnya gitu. Film ini diadaptasi dari novel terkenal yang di tulis Otsuichi. Film dengan judul Have A Song on You Lips( Kuchibiru ni Uta o) yang disutradarai oleh Takahiro Miki ini Menceritakan seorang mantan Pianis Terkenal yang bernama Yuri Kashiwaga (Yui Aragaki) yang datang dari kota untuk menjadi guru pengganti di kampung halamannya, di sebuah sekolah di Goto, prefektur Nagasaki. Ia kesana dipinta oleh teman lamanya yang merupakan guru musik yang sedang hamil tua Haruko Matsuyama ( Fumino Kimura).
film ini berfokus kepada tiga orang  tokoh utama yang pertama Yuri Kashiwaga sendiri, kedua Nazuna Tsunematsu ( Yuri Tsunematsu ) dan terakhir Satoru Kuwahara (Shota Shimoda). mereka bertiga memiliki latar belakang yang berbeda dan masalah yang berbeda-beda.

Film ini memiliki alur maju, meskipun ada beberapa scene ke belakang. Biasalah namanya juga film pasti ada aja tokoh yang punya kenangan. nah di film ini ibu Yuri diminta untuk jadi pembimbing paduan suara disekolah yang diketuai Nazuna Tsunematsu. Film ini menceritakan bagaimana perjuangan terbentuknya tim paduan suara yang akan mengikuti lomba tingkat nasional. ceritanya  tim paduan suara di sekolah itu anggotanya yang ikut cuma anak-anak cewek, cuman karena tau ibu Yuri yang jadi pembimbing tim paduan suara. banyak anak-anak cowok yang ikut daftar tim paduan suara. Si ketua padus Nazuna Tsunematsu kesel banget tau hal ini, dikarenakan dia benci anak cowok. ya kalo dilihat latar belakang keluarganya sih jadi bapaknya si ketua padus tuh terkenal orang yang bermasalah. jadi bapaknya punya selingkuhan gitu. istrinya sama anaknya si Nazuna Tsunematsu ini di tinggalin  dan lebih memilih tinggal bersama istri barunya. istrinya yang lama ditinggal ampe koit. mungkin itu hal yang membuat si ketua padus benci sama anak cowok.

Singkat cerita ibu Yuri ngasih  tugas gitu. Anak-anak disuruh nulis surat untuk dirinya sendiri 15 tahun kedepan. Kekhawatiran apa yang ada dimasa mendatang 15 tahun lagi. Keren yah bikin kita berfikir seperti apa kita 15 tahun yang akan datang dan bagaimana dengan orang-orang disekitar kita.  nah yg lulus tes ini cuma satu orang doang si Satoru Kuwahara. Tadinya dia gak dibolehin gitu ikut tim padus sama orang tuanya, katanya sih ngapain juga udah kelas tiga malah ikut ekskul sebenernya bukan cuma itu alasannya soalnya nih anak punya kakak autis yang perlu diberi perhatian khusus  gitu, harus dijemput setiap dia pulang sekolah. sementara ekskul padusnya hampir setiap hari. makanya nggak dibolehin. tapi akhirnya orang tua nya ngerti dan di izinin. dengan catatan kalo pagi dia yang nganter kakanya berangkat sekolah. salah satu moment menyentuhnya adalah isi surat yang Satoru Kuwahara tulis. bikin pengen nangis bikin kita mikir kita ada didunia ini sebenernya untuk apa. begini isi suratnya " Kepada diriku yang 15 tahun kemudian. Apa kau masih bersama kakakmu? Tidak... kau sudah pasti bersamanya. Kehadirannya adalah hal yang paling aku syukuri. karena jika kakakku tidak terlahir autis, aku bahkan tidak akan pernah lahir. Aku sangat paham hal ini. Dimasa depan, ketika orang tua ku sudah tidak ada, kakak tidak bisa menjalani hidupnya sendiritulah aian. Jadi orang tuaku membuat sebuah keputusan. mereka berencana memberikan Akio(klasanku berada disini sekarang. Jika dia terlahir seperti anak yang normal. aku mungkin saja tidak akakku) seorang adik. untuk mengawasi akio setelah mereka meninggal. dan ada di dunia ini.Pasti begitulah masa depanku.Aku paham betul kenapa aku ada disini. Tapi terkadang... hanya saja terkadang aku berharap dia tidak ada di dunia ini. Ada kalanya aku tidak menyukainya. Tapi yang pasti, aku akan terus berada disisinya seumur hidupku. Memang cuma itulah alasan keberadaanku disini."


Nah sewaktu ketika bapaknya Nazuna Tsunematsu pulang kerumah setelah lama nggak pulang.  cuman ternyata dia pulang buat ngambil uang doang dan kabur lagi. Si ketua padus sedih karena punya bapak kayak gitu. Padahal dia sempet seneng bapaknya pulang dan nanyain keadaannya. sampai tuh cerita ke anak-anak.  Nah si Ketua Padus jadi diledekkin gitu kan soal masalah bapaknya. cuman ternyata dibelain sama salah satu cowok yang kayaknya suka sama dia namanya Keisuke Mukai (Hayato Sano) . Semenjak kejadian itu si Keisuke jadi nggak enak sama Nazuna dan nyuruh anak-anak laki yang lain buat serius latihan Padus. Buat nunjukin ke ketua  kalo cowok juga bisa dan nggak hanya ngerepotin aja. Dengan banyaknya perubahan sama anak-anak muridnya ibu Yuri yang mantan pianis ini juga mulai mencoba memaikan piano nya lagi. jadi ceritanya kenapa ibu Yuri gak mau main piano lagi dikarenakan waktu dia mau  ngadain konser piano. Pacarya yang merupakan calon suaminya itu janji bakalan dateng ke konsernya. cuman naas saat konser mau mulai dikabarin kalo pacarnya tewas kecelakaan. dari situ ibu Yuri ini trauma dan gak mau main piano lagi.cuman berkat temennya ibu Haruko yang ngingetin cita-citanya yang pernah ditulis juga buat 15 tahun kedepan. Ibu yuri ini bercita-cita yaitu menjadi pianis untuk membuat orang-orang diseluruh dunia bahagia.  Akhirnya dia berpikir lagi dan mencoba buat main piano lagi.





Singkat cerita tibalah hari H lomba paduan suara di tokyo, jadi ceritanya anak-anak padus dari desa. kekota buat ikut lomba paduan suara tingkat nasional. nah lagu yang dipilih buat dinyanyin di lombanya itu lagu Tegami(Letter) karya Angela Aki. lagu ini ngena banget dan pas banget. dan yang jadi pengiringnya itu sudah pasti ibu Yuri yang udah bisa main piano lagi. nah jadi kan ibu Harukao yang lagi hamil tua itu janji mau dateng pas hari H lomba, cuman dia mau melahirkan makanya gak bisa dateng. nah anak-anak akhirnya mempersembahkan lagu paduan suaranya buat ibu Haruko gitu. jadi lagunya di dengerin lewat telepon selama persalinan pada saat paduan suaranya berlangsung. Tapi ternyata tim padus nya gak menang, melainkan jadi juara dua. cuman mereka tetep seneng karena udah bisa juara dua.

Diakhir filmnya Ibu Yuri balik lagi ke Tokyo, karena ibu Harukonya udah selesai lahiran juga. dan kamera beralih mengambil gambar Kapal yang seemakin menjauh dan menyorot keindahan pulau nagasaki.pokoknya ini film punya kesan tersendiri deh. dikemas rapih ceritanya. buat kalian yang penasaran buruan tonton. nih film lumayan recomended buat  kalian yang suka
 movie. nih gue kasih lagunya versi paduan suaranya.


13 komentar:

  1. lagu yang dinyanyin buat kakax shouta apa..??

    BalasHapus
  2. Iya..apa lagu yg di nyanyikan satoru kuwahara saat di iiringi piano di kelas?

    BalasHapus
  3. lagu terakhir yang dibawain apa?
    yang banyakan. dinyayiin buat kakanya satoru?

    BalasHapus
  4. yg buat kakanya satoru
    https://www.youtube.com/watch?v=0TPMsa1MXMs

    BalasHapus
  5. Judul lagu yang buat kakaknya satoru apa ya??

    BalasHapus
  6. Song by Sasaki Sayaka
    Song Info
    English title My Ballad
    Duration 1:37
    Genre J-Pop, Anime Song
    Album Info
    Album Nichijou no Gasshou Kyoku
    Track 04
    Release Oct 5, 2011
    Record Lantis
    Catalog LACA-15151

    BalasHapus
  7. Judul piano yg di mainkan guru nya apa? Yg waktu main sendiri di kelas dan ketahuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu aku juga lagi nyari judul lagu yg Kashiwagi Yuri Sensei mainkan piano sendirian di kelas ,dan ketahuan sm anak anak dari pintu kalau kashiwagi sensei lg main piano yg bagus ,tapi judul yg di mainkan PIANO nya apa yh ? :v enak bgt soal nya

      Hapus
    2. Beethoven - Piano Sonata No. 8, Op. 13 "Pathétique" II :)

      Hapus
  8. Dulu waktu SMA 2012 listening lagunya angela aki TEGAMI. Eh 2015 ada filmnya. Jadi tau dulu kenapa sensei milih lagunya Angela Aki

    BalasHapus