Minggu, 01 Januari 2017

Belajar Bahasa Korea : Past Tense


Kemarin kan udah belajar present tense, nah sekarang saatnya buat belajar past tense. Kalo kalian udah pada tau bagaimana cara membuat kalimat present dalam bahasa korea maka cukup mudah untuk mengubahnya kedalam past tense atau bentuk lampau. Hampir sama dengan present tense dalam bahasa korea untuk membuat suatu kalimat menjadi sebuah bentuk past tense perlu adanya penambahan kata berikut.
-          A-sseo-yo
-          Eo-sseo-yo
-          Yeo-sseo-yo

Sama dengan present tense untuk penambahan kata untuk merubah ke dalam bentuk lampau ada tiga
1.      Untuk kata kerja berakhiran A atau O ditambahkan kata a-sseo-yo
2.      Untuk kata kerja berakhiran huruf selain A atau O ditambahkan kata eo-sseo-yo
3.      Pengecualian, Kata kerja yang berakhiran huruf HA ditambahakan kata yeo-sseo-yo
Langsung ke contoh
SA-DA = to buy= membeli
Kata kerja SA (berakhiran huruf A) , maka past tense nya
Sa+ a-sseo-yo =>sa-sseo-yo = saya telah membeli / kamu telah membeli

O-DA = to come = datang
Kata kerjanya O (berakhiran huruf O), maka past tense nya
O + a-sseo-yo => wa-sseo-yo = saya telah datang
Kenapa jadi wa-sseo-yo? Karena huruf o bertemu huruf a dalam penulisannya digabung, melebur menjadi huruf wa sehingga dibaca wa bukan oa
JEOK-DA= to write = menulis
Kata kerjanya JEOK (berakhiran huruf K), maka past tense nya
Jeok + eo-sseo-yo => jeo-geo-sseo-yo = saya telah menulis
Kurang??? Nih contoh lainnya

1.      MEOK-DA = to eat = makan
Kata kerjanya MEOK (berakhiran huruf K), maka past tensenya
Meok + eo-sseo-yo=> meo-geo-sseo-yo = saya sudah makan

2.      JAP-DA = to catch/ to take = mengambil/ menangkap
Kata kerjanya JAP (berakhiran huruf P), maka past tense nya
Jap + a-sseo-yo => ja-ba-sseo-yo = saya telah menangkapnya

3.      PHAL-DA = to sell = jual
Phal + a-sseo-yo => pha-ra-sseo-yo= saya telah menjualnya

4.      NOL-DA = to play = main
Nol + a-sseo-yo=> no-ra-sseo-yo = saya telah bermain

5.      SSEU-DA = to  use
Sseu + eo-sseo-yo => sseo-sseo-yo = saya telah menggunakannya
Huruf eu hilang bertemu huruf eo menjadi sseo bukan sseueo

6.      GI-DA-RI-DA = to wait = tunggu
Gi-da-ri +eo-sseo-yo => gi-da-ryeo-sseo-yo = saya telah menunggu
Huruf I bertemu huruf EO terdengar seperti YEO maka penulisannya menjadi huruf YEO

7.      I-SANG-HA-DA =to be strange = aneh/ asing
Isangha + yeo-sseo-yo => i-sang-hae-sseo-yo = saya terlihat aneh
Ingat untuk huruf HA bertemu Huruf  YEO maka melebur menjadi Hae, seperti HA-DA menjadi Haesseoyo
8.      MEO-SIT-DA =  to be cool/ to be awesome = keren/ mengagumkan
Meo-sit + eo-sseo-yo=> meo-si-sseo-seeo-yo= saya terlihat keren
Dalam penyebutan hurus S diakhir sukun kata seperti SIS dibaca menjadi SIT, tetapi dalam penulisan huruf S tetap ditulis S



Catatan : huruf YO diakhir kata seperti meo-geo-sseo-yo hanya untuk menekankan ada subjek yang melakukan perbuatan tersebut. Maka artinya bisa menjadi saya telah makan, kamu telah makan atau mereka telah makan. Tanpa perlu ada huruf YO sudah menjadi bentuk lampau

Ada kata berakhiran L ataupun P seperti  JAP dan PHAL , huruf terakhirnya( P & L) tidak dianggap, sehingga huruf terakhirnya menjadi A untuk JAP dan PHAL. Oleh karena itu untuk merubah kedalam bentuk past tense ditambahkan kata a-sseo-yo bukan eo-sseo-yo

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar